Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

Memasuki dunia pernikahan merupakan saat yang sangat membahagiakan. Kamu mulai menjalani nasib bersama sebagai pasangan suami istri dalam menghadapi apapun yang terjadi dalam kenasiban. Saat kamu mengawali keluarga kecilmu, nyatanya tidak semuanya semudah yang kamu bayangkan, tidak sedikit faktor yang nyatanya wajib dipikirkan lebih matang, khususnya mengenai persoalan mengatur keuangan keluarga. Perubahan pola pikir wajib mulai diperbuat. Saat ini, uangmu merupakan uang bersama, maka itu tidak bisa kamu gunakan semacam layaknya saat kamu tetap lajang.

Seberapa besar pun penghasilan kamu, nyatanya tetap ada saja orang yang ketidak lebihan uang di akhir bulan. Jadi, persoalan utamanya bukan terletak pada alangkah besarnya penghasilan, tetapi seberapa pandai kamu mengaturnya. Mengatur keuangan terkesan sangat susah diperbuat, apalagi ketika telah berkeluarga. Tetapi semua itu tidak sesusah yang kamu bayangkan. Berikut kami berbagi berbagai tutorial mudah dalam mengatur keuangan keluarga.
1. Pahami Seluruh Sudut Keuangan Keluargamu
Langkah pertama yang wajib kamu perbuat supaya bisa mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik merupakan dengan mengenal berapa tidak sedikit uang yang kamu miliki, pendapatan kamu, serta juga mengenal semua jumlah tagihan yang wajib dibayarkan, semacam tagihan listips, telepon, belanja bulanan, anggaran kesehatan, bahkan hingga anggaran servis kendaraan. Lalu kamu juga wajib rutin mengenal jumlah hutang kartu kredit, cicilan rumah, alias cicilan kendaraan kamu. Dengan mengenal semua ini, kamu bisa memperhitungkan kisaran pengeluaran yang wajib dikeluarkan.
2. Buat Perencanaan Keuangan
Seusai kamu mengenal semua sumber pengeluaranmu, kini saatnya kamu membikin perencanaan dalam mengatur keuangan kamu. Aturlah semua uang yang kamu punya, kemana uang itu bakal dipakai alias berapa tidak sedikit yang bakal disimpan. Buatlah rencana keuangan yang realistis, jangan terlalu ideal jadi melupakan keperluan diri sendiri. Masukkan sertaa untuk berbahagia-bahagia sebagai tahap dari rencana keuangan kamu. Seusai kamu bekerja keras, masa kamu tidak mau sedikit menikmatinya?
3. Mulai Menabung Bersama
Sama halnya dengan mengatur keuangan pribadi, menabung sangat utama untuk kamu perbuat dalam mengatur keuangan. Dengan mempunyai tabungan, kamu bisa lebih merasa lebih aman serta keuangan lebih stabil. Sisihkan sejumlah uang saat kamu baru menerima gaji untuk ditabung, dengan begitu uang yang kamu tabung bakal rutin ada. Usahakan untuk tidak memakai uang tabungan sebelum itu sangat dibutuhkan. Sebab apabila tetap dipakai, bukan tabungan dong namanya.         
4. Bedakan Keinginan serta Keperluan

Kedua faktor ini terkesan sangat mirip, terkadang yang kami inginkan bisa kami buat menjadi keperluan kita. Oleh sebab itu, kamu wajib sangatlah bisa membedakan apa yang terbukti kamu perlukan serta apa yang kamu inginkan. Tutorial mudah yang mungkin bisa kamu gunakan untuk membedakannya merupakan dengan membikin daftar antara keperluan serta keinginan kamu. Setiap kali kamu memenuhi salah satunya, berilah tanda bahwa keperluan alias keinginan kamu telah tercapai. Usahakan untuk rutin memenuhi keperluanmu terlebih dulu, baru seusai itu penuhi keinginanmu.  Tapi ingat, jangan hingga berlebihan ya.
Baca Juga: Keuangan Kamu Sehat? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini
5. Hindari Hutang

Sebisa mungkin, hindarkan dirimu dari yang namanya hutang. Tidak jarangkali kami menjadi terbiasa untuk hutang sebab memakai kartu kredit. Kemudahan proses pembayaran yang diberbagi oleh kartu kredit tidak jarang membikin orang lupa diri serta menjadi sangat konsumtif. Faktor ini sangat kurang baik dalam pengaturan keuangan kamu. Walau demikian, kartu kredit juga tetap dibutuhkan. Kembali lagi, persoalannya ada di bagaimana kamu mengatur keuangan kamu.
Baca Juga: 6 Tutorial Melindungi Keuangan Dari Anggaran Medis Tidak Terduga
6. Tetapkan Sasaran Keuangan Jangka Panjang
Hal ini kamu perbuat supaya kamu mempunyai impian yang wajib kamu capai di masa depan. Misalkan kamu menetapkan bahwa dalam 10 tahun ke depan, kamu telah wajib mempunyai uang di tabungan sebesar Rp100 juta, dengan mempunyai target, kamu bisa lebih fokus dalam mengatur keuangan serta meminimalisir pemborosan.
7. Mulai Berinvestasi
Sebagai keluarga, kamu wajib mulai memikirkan bagaimana kenasiban kamu di masa depan. Mulai pikirkan rencana keuangan kamu dalam jangka panjangnya. Mulai berinvestasi menjadi jawabannya. Tersedia tidak sedikit tutorial untuk berinvestasi, yaitu dalam bermain saham, membeli emas, serta membeli properti. Carilah produk investasi yang sesuai dengan kondisi kantong kamu, tetapi juga pastikan investasimu menguntungkan.
 Baca Juga: 6 Tutorial Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru
Ayo Mulai Mengatur Keuangan Keluarga!

Meski mengatur keuangan keluarga tentu bakal lebih susah daripada mengatur keuangan pribadi, tapi yakinlah kamu tentu bisa kalau mau berusaha. Dengan mengikuti cara-cara mudah di atas, kami yakin kamu bakal menjadi orang yang pandai dalam mengatur keuangan keluarga. Pastikan keluarga kamu rutin terjaga serta sejahtera dengan tutorial mengatur keuangan yang baik. Selamat mencoba!

Bingung mencari tabungan paling baik? Bandingkan tabungan paling baik di Cermati